Menu Bar

Elang Gumilang Pengusaha Muda Sukses



Elang Gumilang adalah sosok pemuda yang layak dikagumi, karena pada usianya yang masih muda (25 tahun) telah meraih banyak kesuksesan di negeri ini. Omzet yang dihasilkan dari bisnis propertinya mencapai miliaran rupiah, maka pantaslah jika pada tahun 2007 lalu, Elang Gumilang dinobatkan sebagai wirausahawan muda no.1 Indonesia
Elang Gumilang lahir di Bogor, 25 tahun lalu, sejak kecil ia selalu diajarkan oleh orang tuanya tentang perjuangan hidup. Elang Gumilang mengaku bahwa kesuksesannya sekarang ini tidak lepas dari peran orang tuanya itu, orang tuanya mengajarkan sesuatu tidak dapat diraih secara gratis. Orang tuanya mengajarkan bahwa rezeki tidak berasal dari manusia, tetapi hanya dari Allah SWT. Pelajaran ini yang akhirnya tertanam kuat dalam diri Elang Gumilang. Sehingga Elang menjelma sebagai sosok anak muda yang selalu berjuang dalam hidup, pantang menyerah, dan bertawakal kepada Allah SWT.
Elang Gumilang, anak sulung dari 3 bersaudara,  tidak pernah menyumpal bakat bisnis dan keuletan yang diturunkan oleh ayahnya, H. Misbah (58 thn), yang punya usaha kontraktor kecil-kecilan. Saat belajar di SMA Negeri 1 Bogor, Elang sudah berbisnis menjual donat. Kegiatan ini baru berhenti ketika orang tuanya melarang.
Tapi Elang dengan bakat dan kecerdasannya, terus mencari uang, kali ini dengan mengikuti aneka lomba. Elang pernah muncul sebagai juara ke-3 Marketing Games Perguruan Tinggi seluruh Indonesia di Universitas Trisakti. Ia juga juara ke-1 Kompetisi Ekonomi SMA Se-Jabodetabek pada tahun 2003 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan juara Ke-1 Economic Contest di IPB pada tahun yang sama. Uang 10 juta terkumpul. Elang mendapat tiket gratis masuk fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.
Di IPB jiwa bisnisnya berkembang mekar. Pada tahun pertama, Elang menjual sepatu berbekal katalog, ia menawarkan sepatu dari satu asrama ke asrama mahasiswa di Kampus Biru itu. Ia juga pernah menjual lampu. Minyak gorng adalah dagangan selanjutnya.
Memasuki tahun ke-3, Elang dan 12 kawannya membuka kursus Bahasa Inggris, "English Venue" di kampusnya dengan modal Rp 21 juta. Eelang menjadi direkturnya. Sambil mengisi waktu luang, dia menyambi menjadi tenaga pemasaran salah satu perusahaan properti di Bogor. Tak ada gaji, hanya mendapat komisi jika berhasil menjual rumah.
Berbekal pengalaman menjadi salesman pengembang, Elang nekat berbisnis sendiri. Pada tahun 2005, penggemar travelling itu mencoba ikut tender rehabilitasi sekolah dasar di Jakarta. Nasib baik, proyek senilai Rp 160juta tersebut digenggamnya. Ia makin percaya diri menggeluti dunia properti. Pada tahun 2006 di Departemen Hukum dan HAM, ia mengubah akta perusahaan yang hampir tutup menjadi Elang Group. Tanah nganggur milik sebuah instansi di Cinangneng Kabupaten Bogor diliriknya. Sayang, modalnya cekak. Bank juga enggan mendanainya. Tak menyerah, Elang mengajak 5 kawannya dan terkumpul duit Rp 340 juta. 
Lantas dia membujuk Bank Tabungan Negara (BTN) bekerjasama menyediakan Kredit Kepemilikan Rumah Sederhana Bersubsidi (KPRS) bagi masyarakat berpenghasilan dibawah Rp 2,5 juta. Deal. Pihak BTN setuju. Pada tahun 2007, Elang Group menjual rumah. Harganya mulai Rp 25 juta (Tipe 21/60) berbunga 4,5% pertahun dan maksimal Rp 45 juta (Tipe 36/72) berbunga 7,5% pertahun. Cicilannya Rp 25 ribu - 90 ribu perbulan.
Proyek perdana Elang Group di Perumahan Griya Salak Endah itu berhasil. Sebanyak 450 unit        rumah  terjual. Pembelinya buruh, pedagang, tukang tambal ban, dan guru. Elang tergerak menyediakan rumah murah karena banyak orang kecil kesulitan membelinya.
Pada tahun 2008, Elang membangun lagi Perumahan Bukit Warna Sari Endah, Cilebut Bogor. Ekspansi perumahan Griya Salak Endah II juga sukses. Pada thun 2009, Elang mengambil alih proyek Griya PGRI di Ciampea yang tidak bisa diselesaikan oleh pengembang lain. Seorang bankir di BTN cabang Bogor mengatakan salut kepada Elang. Kendati bukan anak pejabat atau pengusaha besar, jaringan elang luas, biasanya butuh 3 bulan menyelesaikan izin, tetapi Elang cuma butuh sebulan. Kelebihan lainnya , Elang tidak mengambil kredit konstruksi dari Bank.
Menurut Elang, setelah dirinya menyelesaikan pembebaan lahan, perizinan, site plan, cut dan fill, hingga meneken perjanjian dengan Bank, gliran kawan dan mitranya yang berperan. Mereka bahu membahu menyediakan pembangunan rumah, strategi ini efektif. emapt proyek sudah memberikan keuntungan bagi para pemodalnya. dukungan kawan-kawannya pun terus berlanjut hingga kini.
Berikut adalah penghargaan-penghargaan yang sudah diraihnya sebagai seorang wirausahawan muda :
  • Wirausaha Muda Mandiri terbaik Indonesia tahun 2007
  • Lelaki Sejati Pengobar Inspirasi tahun 2008
  • Man of The Year tahun 2008 dari Radar Bogor
  • Pemuda Pilihan tahun 2008 dari TvOne
  • Indonesia Top Young Entrepreneur tahun 2008 dari Warta Ekonomi
Elang Gumilang mengaku bahwa kesuksesan sekarang tidak datang secara tiba-tiba, banyak proses yang dihadapi oleh sosok elang Gumilang. Mulai jualan donat di sekolah-sekolah, jualan sepatu, serta membuat lembaga kursus bahasa inggris dan sekarang menjadi pengusaha properti yang sukses.

Dalam perjalan Elang Gumilang dalam mengembangkan bisnis propertinya, Elang berpesan Ketika kita bekerja atau melakukan segala sesuatu, kita bisa mudah terjebak ke dalam situasi yang membuat aktivitas itu hanyalah rutinitas. Karena itulah kita harus selalu memasukkan rasa hormat kita, rasa syukur kita, pengabdian dan rasa cinta kita terhadap Tuhan yang telah memberi kita kesempatan melakukan pekerjaan ini, dan karena pekerjaan tersebut kita lakukan untuk menunjukkan perasaan itu kepada Tuhan bahwa pekerjaan ini pada hakekatnya adalah sebuah bentuk ibadah kita kepada-Nya, maka kita pasti akan melakukannya dengan segenap kemampuan kita.


Sumber referensi :


1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus