Menu Bar

Kreativitas dan Inovasi Dalam Berwirausaha



Pengusaha dituntut untuk selalu memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi baru. Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing). Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing).  



TUNTUTAN KREATIVITAS DALAM BISNIS MASA KINI
Demikian pentingnya kreativitas dalam menghadapi perubahan dan tantangan bisnis yang terjadi saat ini menyebabkan pengusaha harus terus menerus membuka jalan untuk menularkan atau memastikan bahwa karyawannya dapat mengembangkan diri dengan baik dan mengikuti perkembangan teknologi terkini. Seorang pengusaha harus memastikan bahwa bila kreativitas yang selam ini dilakukan telah usang atau tidak terpakai lagi, maka harus ada solusi yang lebih kreatif untuk memecahkan masalah yang ada. Mempertahankan eksistensi usaha harus diringi upaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik
Aktivitas bisnis sangat memerlukan orang-orang kreatif dan cepat tanggap terhadap setiap perubahan. Para peneliti telah mengatakan bahwa kreativitas menyangkut keputusan-keputusan anda tentang apa yang anda inginkan dan bagaimana anda melakukannya dengan lebih baik. Jadi, urutan tersebut melibatkan sebuah proses, bukan hanya melihat hasil akhir yang diharapkan, sehingga kita tidak perlu merasa sangat terbebani untuk menjadi kreatif. Para peneliti telah membedakan tipe kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ;
1       .       Membuat atau menciptakan
2       .       Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan menjadi lebih bermanfaat
3       .       Memodifikasi sesuatu yang sudah ada

HAMBATAN DAN TEKNIK MENINGKATKAN KREATIVITAS
1.       Hambatan Kreativitas
a)      Hambatan Psikologis
b)      Hambatan Budaya
c)       Hambatan Lingkungan
d)      Hambatan Bahasa berpikir
e)      Hambatan Keterpakuan Fungsional
f)       Hambatan Kebiasaan Memandang
2.       Teknik Meningkatkan Kreativitas
Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berpikir dan proses bertindak. Berikut cara-cara meningkatkan kretivitas dalam proses pemecahan masalah :
·         Perumusan masalah secara kreatif
·         Bertanya dan bertanya
·         Curah gagasan
·         Orang aneh (memasukkan orang lain yang tidak begitu tahu tentang bidang pekerjaan atau bidang pengetahuan yang sedang dipecahkan masalahnya)
·         Menciptakan iklim kreatif
Bagian otak anda yang dominan akan selalu mendikte bagaimana anda harus berpikir. Pengaruh otak kiri yang menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berpikir, analitis, dan kurang kreatif sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderung menjadi pengekor. Pengaruh penggunaan otak kanan yaitu berpikir secara loncat-loncat tak beraturan, memungkinkan seseorang berpikir kreatif.

ARTI PENTING INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN
Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan pengusaha, yaitu :
1.       Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada
2.       Pengenalan metode produksi baru
3.       Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru
4.       Penciptaan/pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru
5.       Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru
Funsi inovasi dari seorang pengusaha tentu saja dapat mengubah pasar dan “aturan main” (rule of the game) yang sudah ada. Pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.

TEKNIK MENGEMBANGKAN INOVASI
Kemenangan dalam berbisnis bisa dicapai dengan cara menciptakan pasar baru lewat inovasi. Inovasi ibarat dua sisi dari keping mata uang. Beragam temuan besar (great innovation) secara langsung mempermudah kehidupan dan menciptakan kebutuhan. Inovasi harus terus dibangun melalui budaya kreatif, mengikuti trend perubahan dan membangun pasar. Untuk membangun perusahaan inovatif, Kotler seorang pakar pemasaran, menekankan pentingnya sejumlah faktor sebagai berikut :
a.       Adanya penemuan baru
b.      Mengembangkan inovasi sebaiknya dengan riset, sebab, perusahaan dikatakan inovatif kalau secara sengaja membangun dan melakukan proses untuk menghasilkan temuan baru. Inovasi tersebut haruslah merupakan sesuatu yang revolusioner, dapat menembus pasar global dan dapat mendapat persaingan sangat keras

MELINDUNGI GAGASAN DARI HASIL KREATIVITAS DAN INOVASI
Banyak perusahaan yang tidak mengetahui pentingnya hak perlindungan usaha. Perlindungan produk-produk perusahaan sangat penting untuk menghindari usaha-usaha peniruan dan duplikasi yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Temuan yang tidak memiliki hak kekayaan intelektual seperti hak paten akan bebas ditiru dan diduplikasi, bahkan menjadi produk pesaing dan dapat mematikan perusahaan penemu.  Lingkup dari Hak Kekayaan Intelektual dapat kita kenal dengan sebutan Hak Cipta dan Kekayaan Industri, dimana ;
1.       Hak Cipta adalah Hak Istimewa guna melindungi pencipta dan keorisinilan ciptaanya
2.       Hak Kekayaan Industri,  yang terdiri atas Paten, Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Merek dan Rahasia Dagang
Terdapat beberapa langkah untuk mendapatkan hak paten, yaitu :
·         Langkah 1 : Tetapkan bahwa yang ditemukan benar-benar baru
·         Langkah 2 : Dokumentasikan produk yang ditemukan tersebut
·         Langkah 3 : Telusuri paten-paten yang telah ada
·         Langkah 4 : Pelajari hasil telusuran
·         Langkah 5 : Mengajukan lamaran paten yang berisi :
Ø  Pernyataan yang membuat penemuan itu benar-benar asli
Ø  Deskripsi atau gambaran penemuan disebut spesifikasi dan batas penemuan disebut klaim, yang mengidentifikasi sifat-sifat penemuan baru tersebut
Ø  Gambar penemuan


Sumber Referensi : Buku Kewirausahaan (Suharyadi dkk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar